Polri Bersama Dengan Dewan Pers dan Pimpinan Media Massa Mendeklarasikan Pemilu Damai 2024

HomeUncategorized

Polri Bersama Dengan Dewan Pers dan Pimpinan Media Massa Mendeklarasikan Pemilu Damai 2024

 

faktaonenews-jakarta

Polri yang diwakili oleh Divisi Humas Polri bersama dengan Dewan Pers dan puluhan pimpinan media massa menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024. Deklarasi tersebut digelar sebagai komitmen dan sinergitas menghadapi pesta demokrasi Pemilu 2024. Deklarasi tersebut dilakukan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023.

Dalam deklarasi, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol. Sandi Nugroho menjelaskan bahwa, Deklarasi tersebut merupakan pernyataan bersama, untuk sepakat bahwa Pemilu harus damai, punya semua pihak dan punya tanggung jawab moril serta diharapkan Pemilu dapat berjalan dengan aman, damai dan bermartabat.

“Pesan morilnya, perlu kita semua menjaga keberagamaan bangsa ini, peradaban yang telah dipupuk, kebhinekaan yang sudah lama terbangun. Mari kita jaga bersama semua,” kata Kadiv Humas, Sabtu 28 Oktober 2023.

Sementara itu Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu mengatakan bahwa peran media sangat penting dalam menentukan kesuksesan pesta demokrasi tersebut. Berbagai upaya pencegahan kerawanan menjelang Pemilu 2024 pun harus dilakukan bersama-sama. “Karena media dan pers bukan menjadi contoh, tapi menjadi penentu tata kelola pemerintahan kita, menjunjung tinggi demokrasi itu adalah tanggung jawab pers,” ujar Ninik.

Lebih lanjut Ninik mengatakan bahwa Pers (harus) menjadi penentu sistem demokrasi Indonesia. Sebab, sangat berpengaruh menjadikan masyarakat sebagai partisipasi aktif, memberikan informasi akurat, memberikan hiburan tata kelola pemilu, menjadi kontrol, mengelola daya pikir masyarakat, dan menjaga keberagaman yang ada di Indonesia.

“Atas nama Dewan Pers dengan seluruh konstituen para jurnalis dan pimpinan redaksi, saya ucapkan terima kasih kepada Kapolri dan Pak Kadiv Humas atas inisiasi deklarasi ini,” ucap Ketua Dewan Pers.

Deklarasi dibacakan oleh Ketua Dewan Pers dan diikuti oleh para pemimpin redaksi media massa. Dalam deklarasi itu juga para pemimpin redaksi media massa menyatakan siap mentaati semua peraturan dan ketertiban yang terkait penyampaian informasi kepada masyarakat Indonesia. Poin selanjutnya, siap memberikan informasi yang akurat, netral dan obyektif kepada masyarakat Indonesia.

Dan para pemimpin redaksi media massa juga berkomitmen untuk menghindari publikasi berita yang bersifat bohong, tendensius, menyesatkan atau bersifat sensasional.

Penulis : Solihingp

Editor : mawardi