HomeUncategorized

SENI BUDAYA DAN NILAI NILAI KE ARIFAN MASYARAKAT BANTEN

Banten, Faktaonenews.com

Provinsi Banten sebagian besar anggota masyarakat nya memeluk agama Islam dengan semangat religius yang sangat tinggi Tetapi pemeluk agama lain dapat hidup berdampingan dengan damai Potensi dan ke Khasan budaya masyarakat Banten antara lain Seni bela diri Pencak Silat ,Debus, Rudad, Umbruk,Tari Saman, Tari topeng , Tari cokek, dog dog, Palintung dan Lojor, Di samping itu juga terdapat peninggalan warisan leluhur antara lain Masjid Agung Banten Lama ,makam keramat panjang, dan masih banyak peninggalan lain nya.

Di propinsi Banten terdapat suku Baduy, Suku Baduy dalam suku asli Sunda Banten yang masih menjaga tradisi anti modernisasi. Baik cara berpakaian maupun pola hidup lainnya Suku Baduy Rawayan tunggal di kawasan cagar budaya pegunungan Kendeng Seluas 5,101,85 hektar di daerah kenekes Kecamatan Leuwi Damar , Kabupaten Lebak Perkampungan masyarakat Baduy umum nya terletak di daerah aliran sungai Ciujung di pegunungan Kendeng Daerah ini dikenal sebagai wilayah tanah titipan dari nenek moyang , Yang harus di pelihara dan di jaga Baik baik tidak boleh di rusak .

Penduduk asli yang tinggal di propinsi Banten berbicara menggunakan dialek yang merupakan turunan dari bahasa Sunda kuno Di Alek tersebut di kelompokkan sebagai, bahasa kasar dalam bahasa Sunda modern Yang memiliki beberapa tingkatan,dari tingkat halus sampai tingkat kasar ( infomal ) yang pertama tercipta Mada masa ke Sultanan Mataram.

Menguasai Priangan( Bagian tenggara propinsi Jawa Barat ), Namun demikian di wilayah Banten Selatanan Seperti,Lebak, dan Pande glang, menggunakan Bahasa Sunda campuran ,,Sunda Kuno, Sunda Modern, dan Bahasa Indinesia di Serang dan Cilegon.

Bahasa JawaBanten di gunaka oleh etnik oleh Jawa dan dibagian Utara Kota Tangerang,bahasa Indonesia dengan dialek Betawi , Disamping bahasa Sunda , bahasa Jawa Dan dialek Betawi bahasa Indonesia juga di gunakan terutama oleh pendatang dari bagian lain Indonesia.

Senjata Tradisional masyarakat Banten berupa golok. Golok adalah pisau besar dan berat yang di gunakan sebagai alat berkebun, Sekaligus senjata kamakdi temui di Asia Tenggara Hingga saat ini kita juga bisa melihat golok di gunakan sebagai senjata dalam silat.

Ukuran,berat dan Bentuk nya bervariasi tergantung dari pandai besi yang membuat nya Golok memiliki bentuk yang hampir serupa dengan machete tetapi golok cenderung lebih pendek dan lebih berat Dan sering di gunakan untuk memotong semak dan dahan pohon Golok biasa nya di buat dari besi baja karbon yang lebih lunak dari pada pisau besar lain nya di di dunia ini Membuat nya mudah untuk di asah Tetapi membutuhkan pengasahan yang lebih sering .

An/ Red.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: