RW. 017 Kelurahan Pegadungan Kalideres Jakarta Barat  Menjadi Percontohan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah

HomeNASIONAL

RW. 017 Kelurahan Pegadungan Kalideres Jakarta Barat Menjadi Percontohan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah

Jakarta, Faktaonenews.com

Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah adalah rangkaian kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga yang dilakukan satu pekan secara bersamaan dan kolosal di seluruh DKI Jakarta. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam mengimplementasikan Pergub 77 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga. Gerakan ini akan mengaktifkan fungsi Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) di RW-RW sehingga akan terwujud pengurangan sampah dari sumber dengan melibatkan 2.743 RW di seluruh Jakarta.

Senin (20/06) Rw. 017 Bpk Salim, Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat dari Rt.001 s/d 013 Rw.017 menjadi percontohan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah, Kegiatan ini meliputi Kerja seperti BPS melakukan rembuk warga akhir persiapan pelaksanaan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah. BPS RW menyiapkan seluruh keperluan prasarana dan sarana. BPS RW mensosialisasikan kepada warga RW mengenai aksi aksi selama Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah.

Pelaksanaan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah dimulai dari 20 Juni hingga 25 Juni 2022.  Langkah langkah yang dilakukan seperti PJLP Pendamping RW dengan bidang pengelolaan sampah melakukan rapat koordinasi di tiap-tiap RW. – Bidang Pengelolaan Sampah Rukun Warga melakukan rembuk warga awal persiapan pelaksanaan pekan gerakan jakarta sadar sampah, – BPS RW melakukan sosialisasi kepada warga mengenai jenis pilah sampah sesuai dengan Pergub 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga, – BPS RW mensosialisasikan kepada warga setempat mengenai aksi aksi dalam Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah, – BPS RW mengatur penjemputan sampah terjadwal oleh petugas gerobak dari setiap rumah warga, – BPS RW menyiapkan komposting manual Ecoenzyme dan atau Biokonversi Maggot BSF, -BPS RW menyiapkan Bank Sampah, – BPS RW menyiapkan perlengkapan kerja bakti, – BPS RW bersama masyarakat dapat membuat mural Jakarta sadar Sampah dilingkungannya berpedoman pada Pergub 113 Tahun 2021 Tentang Penjenamaan Jakarta Sadar Sampah.

Acara Kegiatan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah di hadiri oleh Ketua RT dari 01 s/d 013 Rw. 017, hadir juga Ketua LMK “Linda Wijaya”, didampingi Dinas Lingkungan Hidup dari Kecamatan Kalideres. Dan RW. 017 menjadi RW percontoh untuk kegiatan ini.

Menanggapi keterangan salah seorang warga yang enggan disebut namanya ketika ditemui tim media fakta di sela-sela kegiatan tersebut ia mengatakan “Kami berharap dari pihak Ketua RT dan RW selalu mengadakan kegiatan kerja bakti pembersihan sampah di wilayah masing masing guna mencegah terjadinya segala macam penyakit dan banjir, disisi lain kami mengharap program seperti ini dilaksanakan seterusnya.” Imbuhnya.

Penulis : Wilianto/Mulyadi

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0