PPDB ONLINE TERBUKTI EFEKTIF CEGAH ADANYA “SISWA TITIPAN”

HomeUncategorized

PPDB ONLINE TERBUKTI EFEKTIF CEGAH ADANYA “SISWA TITIPAN”

Jakarta, faktaonenews.com

Ketua Posko Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Wilayah 2 Jakarta Selatan Jumadi menyatakan, sistem PPDB online terbukti efektif untuk mencegah adanya titipan calon siswa baru.

Proses penerimaan calon siswa baru dengan sistem PPDB online juga berjalan dengan sangat efektif dan efisien.

“Sistem (PPDB) online sangat efektif serta efisien, dan sistem ini lebih baik dari sistem PPDB sebelum online. Dengan sistem yang efisien, tidak akan membuat adanya ‘siswa titipan’,” ujar Jumadi saat ditemui di SMAN 70 Jakarta, Kamis 27/06/24.

“Semenjak ada sistem (PPDB) online ini sudah tidak terjadi lagi adanya siswa titipan,” lanjut Jumadi.

Jumadi juga menjelaskan, sistem zonasi PPDB mencegah masyarakat sengaja berpindah tempat tinggal ke lokasi yang dekat dengan sekolah tujuan.

Sebab, sistem ini mewajibkan calon siswa bertempat tinggal minimal satu tahun sebelum mendaftar PPDB jalur zonasi di sekolah yang dekat dengan rumah.

Lebih lanjut, Jumadi mengatakan pihaknya telah menerima 1.878 aduan terkait PPDB Jakarta. Dari jumlah tersebut, 800 di antaranya berkaitan dengan masalah dokumen kependudukan.

Meskipun PPDB dilakukan secara online, Jumadi dan pihaknya akan tetap siap membantu orang tua yang mengalami kesulitan terkait regulasi, teknis pelaksanaan, atau kependudukan.

Penulis : Karissa