PKBM NEGERI 19 TINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

HomePENDIDIKAN

PKBM NEGERI 19 TINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

 

Jakarta, faktaonenews.com

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. PKBM ini bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan.

Tujuan PKBM sendiri adalah memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah.

Seperti hal nya PKBM NEGERI 19 yang beralamatkan di Jl. Peta Utara No.31, RT.2/RW.6, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830. Ketika wartawan faktaonenews.com ingin melakukan konfirmasi kepada Kepala PKBM yakni Ir.Yeniwati, M.pd yang kebetulan berhalangan hadir dan hanya di wakil kan oleh Cecep Muslimin selaku Operator sekolah.

Cecep Muslimin yang ditemui PBKM Negeri 19 mengatakan “Jumlah peserta didik yang ada di PKBM Negeri 19, sebanyak 158 orang secara keseluruhan.” ujar Cecep kala menanggapi pertanyaan tentang jumlah peserta didik yang ada.

Disisi lain Cecep berujar “PKBM Negeri 19 mempunyai 6 pendidik yang rata rata pendidikan nya adalah S1, kecuali Kepala PKBM beliau adalah lulusan S2.”

Untuk waktu pembelajaran sendiri PKBM Negeri 19, dimulai dari hari Senin sampai dengan Jum’at. Jam pembelajaran nya pun berbeda beda disetiap tingkat nya, untuk paket A sendiri jam pembelajaran nya mulai dari pukul 07.00 – 09.00, paket B memulai pembelajaran dari pukul 09.00 – 12.00, dan untuk paket C sendiri dimulai pukul 12.00 – 15.00.

Adapun kegiatan rutin selain pembelajaran di PKBM Negeri 19 adalah setiap hari Jum’at pembelajaran di tiadakan dan diganti oleh kegiatan Senam di Pagi hari, lalu dilanjutkan dengan Jum’at bersih, dan dilanjutkan dengan kegiatan keterampilan atau mendaur ulang sebuah barang.

Menindaklanjuti pertanyaan wartawan tentang berapa biaya yang harus dibayarkan peserta didik, Cecep mengatakan “untuk biasa disini gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun, karena disini PKBM nya Negeri yang membiayai adalah pemerintah.” kata Cecep.

Disisi lain untuk jadwal ujian di PKBM Negeri 19 terdiri dari 3 jadwal, yakni PTS adalah ujian untuk tengah semester, PAS ujian untuk akhir semester, dan juga US adalah ujian yang diadakan untuk ujian akhir dari rangkaian ujian.

Penulis : Najwa Hervinia
Editor : Anissa Intan Permata

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: