Pelayanan KUA Grogol Petamburan Makin Meningkat

HomeNASIONAL

Pelayanan KUA Grogol Petamburan Makin Meningkat

Jakarta, faktaonenews.com

Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian agama memberikan pelayanan kepada masyarakat yang beragama Islam dalam hal pencatatan nikah.

Pencatatan pernikahan merupakan bentuk kehadiran negara sebagai perlindungan terhadap hak asasi warga negara khususnya dalam aspek berkeluarga yang diatur dalam Pasal 28 B UUD 1945. Dalam rangka melaksanakan perlindungan yang optimal, berbagai syarat dan ketentuan ditetapkan demi kebaikan rakyat.

Saat wartawan faktaonenews.com melakukan audiensi ke Kantor urusan agama Grogol Petamburan l yang beralamatkan di Jl. Hadiah Utama 4 No.10, RT.1/RW.10, Jelambar, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460.

Mister Lubis S.H.I selaku kepala KUA Grogol Pertamburan yang diwakilkan oleh Siti Khomsah selaku Staff dibidang administrasi umum mengatakan “Untuk jumlah penghulu yang ada di KUA Grogol Petamburan berjumlah 3 orang penghulu ditambah dengan Kepala KUA merangkap sebagai penghulu, disisi lain untuk pegawai yang berada disini berjumlah 6 orang terdiri dari 4 orang PNS dan 2 orang NON PNS yaitu office boy dan satpam.”

Untuk biaya pernikahan di KUA Grogol Petamburan, jika menikah di kantor KUA langsung di jam kerja mulai dari pukul 08.00 – 15.00 tidak dikenakan biaya alias gratis. Siti Khomsah pun berujar “Biaya pernikahan langsung di KUA gratis, adapun dikenakan biaya sebesar Rp 600.000 apabila melakukan pernikahan di rumah atau memanggil penghulu ke rumah pembayaran bisa dilakukan via Bank ataupun melalui kantor pos.”

“Jumlah pernikahan di KUA Grogol Petamburan, untuk perbulan nya paling banyak 60 kali” tutur Siti Khomsah

Adapun kegiatan lain yang dilakukan oleh KUA Grogol Petamburan adalah Melayani Konsultasi zakat, wakaf,waris dan lain lain. Selain itu juga di KUA Grogol Petamburan melayani pelayanan haji seperti Melakukan manasik haji, bimbingan melaksanakan kegiatan Haji. “Kami juga melayani manasik haji di tiap tahunnya, biasanya pertemuan nya 6 kali dalam seminggu tergantung dari pihak pusatnya” ujar Siti Khomsah

Kegiatan rekomendasi nikah atau lebih dikenal dengan numpang nikah, masih sering dilakukan oleh KUA Grogol Petamburan. Di hitung tahun 2023 dari per Januari sampai hingga saat ini Maret 2023, tercatat sebanyak 145 yang melakukan rekomendasi nikah.

Menanggapi tentang trend nikah di KUA tanpa adanya resepsi, Siti Khomsah berpendapat “Sebenernya trend nikah tanpa resepsi itu sah sah saja, tergantung orangnya juga dan ini juga bisa menghemat keuangan jika kurang mampu untuk melaksanakan resepsi. Tapi untuk di KUA Grogol Petamburan ini sendiri masih stabil antara hanya nikah di KUA tanpa resepsi dan melakukan resepsi di rumah.”

Penulis : Anissa Intan Permata
Editor : Najwa Hervinia

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: