Melihat Lebih Dekat PKBM Negeri 05 Jelambar

HomeNASIONAL

Melihat Lebih Dekat PKBM Negeri 05 Jelambar

 

Jakarta, faktaonenews.com

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat disingkat PKBM, adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan Non Formal.  Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional mengakui bahwa PKBM adalah Satuan Pendidikan Non Formal. Hal ini sama seperti diakuinya Sekolah adalah Satuan Pendidikan Formal.

Pada sisi lain tujuan PKBM adalah untuk lebih mendekatkan proses pelayanan pendidikan terutama proses pelayanan pembelajaran yang dipadukan dengan berbagai tuntutan, masalah-masalah yang terjadi disekitar lingkungan masyarakat itu sendiri.

Senada dengan PKBM NEGERI 05 yang beralamatkan di Jl.Latumenten I RT.04/05 NO.76 Kec. Grogol Petamburan Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460. Ketika wartawan faktaonenews.com ingin melakukan konfirmasi kepada Kepala PKBM yakni Suherman.

Suherman mengatakan “Jumlah peserta didik yang ada di PKBM Negeri 05, sebanyak 99 orang secara keseluruhan”. Disisi lain Suherman berujar “PKBM Negeri 05 mempunyai pendidik yang rata rata pendidikan nya adalah S1, dan juga rata-rata pendidik disini tidak linier”.

Untuk waktu pembelajaran sendiri PKBM Negeri 05, dimulai dari hari Senin sampai dengan Jum’at. Jam pembelajaran nya pun berbeda beda disetiap tingkat nya, untuk paket A sendiri jam pembelajaran nya mulai dari pukul 08.00 – 10.15, paket B memulai pembelajaran dari pukul 10.30 – 13.15, dan untuk paket C sendiri dimulai pukul 13.30 – 16.15.

Selain kegiatan pembelajaran ada kegiatan lain yang dilakukan PKBM Negeri 05 yaitu melakukan kegiatan Kesenian seperti Seni Tari, Seni Musik, dan Olahraga. Kegiatan ini bisa menjadi Media Hiburan untuk masyarakat yang jenuh dan masyarakat juga bisa bebas berekspresi.

Untuk biaya bersekolah di PKBM Negeri 05 itu Rp.0 Suherman mengatakan “Tidak ada pungutan biaya di PKBM Negeri 05 ini karena ini kan dari Pemerintah”. Lebih lanjut Suherman mengatakan “Siapapun bebas bersekolah disini, disini bebas usia bahkan ada yang bersekolah 49 tahun, ada juga yang usia nya masih bisa bersekolah.”

Disisi lain untuk jadwal ujian di PKBM Negeri 05 terdiri dari 2 jadwal, yakni adalah Ujian untuk tengah semester, PAS ujian untuk akhir semester.

Penulis : Anissa Intan Permata
Editor : Najwa Hervinia

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: