HUT KE 79 RI MENGUSUNG TEMA “NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU”

HomeUncategorized

HUT KE 79 RI MENGUSUNG TEMA “NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU”

Jakarta, Faktaonenews.com

Hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) diperingati setiap tanggal 17 Agustus, tahun ini memperingati HUT ke-78 RI yang di laksanakan di dua Lokasi berbeda, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan Istana Merdeka Jakarta. Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara yang di hadiri 2.800 undangan

Sementara itu pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) pada tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan AKRS akan dilakukan secara bersamaan di dua tempat sekaligus yaitu di Taman Kusuma Bangsa, IKN dan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Tema yang diusung untuk HUT RI ke -79 yaitu “Nusantara Baru Indonesia Maju” bertempat start di halaman Kodim 1707 Merauke, Jl. Raya Mandala, dan finish di depan Kantor Bupati Kab. Merauke, Jl. Brawijaya, Kab. Merauke, Papua Selatan.

Jadwal HUT Ke-79 RI
1. Zikir dan Doa Kebangsaan
2. Pameran Arsip Kepresidenan
3. Prosesi Kirab Duplikat Bendera Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi
4. Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)
5. Upacara Penganugrahan Tanda Kehormatan RI
6. Pidato Presiden

Transformasi menuju ke IKN bisa melalui jalur udara, jalur darat, jalur laut

Rangkaian bulan Kemerdekaan tahun ini akan diawali dengan dzokir dan doa kebangsaan yang akan dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta. Setelah itu, rangkaian kegiatan peringatan HUT dilanjutkan dengan pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo yang rencananya akan dilakukan di IKN.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di IKN akan berlangsung sukses dan menjadi momentum penting dalam sejarah Indonesia.

Penulis: Widi, Karissa, Nayla, Samuel