HARI PERS NASIONAL 2024 MENGAWAL TRANSISI KEPEMIMPINAN NASIONAL DAN MENJAGA KEUTUHAN BANGSA

HomeUncategorized

HARI PERS NASIONAL 2024 MENGAWAL TRANSISI KEPEMIMPINAN NASIONAL DAN MENJAGA KEUTUHAN BANGSA

 

Jakarta,faktaonenews.com

 

Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan “bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.”[1] Dewan Pers pada masa Orde Baru tersebut kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secpara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf HPN.

Berdasarkan Keppres Nomor 5 Tahun 1985, tujuan Hari Pers Nasional dibuat, yaitu:
1.) Mengembangkan kehidupan pers nasional Indonesia sebagai pers yang bebas dan bertanggung jawab berdasarkan Pancasila.
2.) Mengingat sejarah dan peranan penting pers di Indonesia dalam melaksanakan pembangunan pengamalan Pancasila.

 

“Team Pkl SMK NEGERI 42 saat ini di berikan bimbingan oleh pimpinan redaksi H.J Sabar Yanto S,H. tentang penulisan Wawancara Audiens sesuai dengan UU Pers nomor 40 Tahun 1999 dan selalu Menggunakan Pedoman 5w 1H dan kami merasa puas atas ajaran atau bimbingan yang mana di paparkan oleh Pimpinan Redaksi.” Jelasnya

H.J Sabar Yanto S,H. menanggapi keterangan dan Pimpinan Redaksi Media Fakta Ketika di konfirmasikan beliau menjelaskan bahwa, Kami merasa puas dengan Pkl untuk periode ini dari SMK NEGERI 42, karena anaknya berani dan cerdas sisi lain anak tersebut mudah di berikan penjelasan tentang Kode etik Jurnalistik. Kami menghimbau kepada teman-teman yang lain agar bisa mengikuti jejak Pkl saat ini! tutur Pimpinan Redaksi.

Media Fakta merayakan Hari Pers Nasional secara sederhana yang di lakukan Kantor Redaksi Media Fakta

di hadiri oleh beberapa Wartawan dan Wartawati yaitu
1. Sri Asmara Rahadi sebagai Sekretaris Lazis NU Jakarta Pusat
2. Chandra Effendy Sebagai Anggota Jurnalis
3. Muhidin / karung sebagai Kabiro Jakarta Barat
4. Nur Hidayat sebagai Anggota Media Fakta
5. Sugiarto sebagai Anggota jurnalis
6. Rusdi sebagai Anggota Jurnalis

Penulis: Team Pkl SMK NEGERI 42
Editor: Bella Monica