Gelar Napak Tilas Budaya , 15 Tokoh Mabmi Babel Silaturahmi Ke Sultan Palembang

HomeUncategorized

Gelar Napak Tilas Budaya , 15 Tokoh Mabmi Babel Silaturahmi Ke Sultan Palembang

Palembang, Faktaonenews.com

15 orang dari berbagai tokoh yang ada di Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersilaturahmi ke di istana adat Kesultanan Palembang Darussalam Palembang di Jalan Sultan M Mansyur, Kecamatan IB II Palembang, Jumat (12/7).
Rombongan diterima langsung Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn.

15 orang dari berbagai tokoh yang ada di Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersilaturahmi ke di istana adat Kesultanan Palembang Darussalam Palembang di Jalan Sultan M Mansyur, Kecamatan IB II Palembang, Jumat (12/7).

Hadir diantaranya R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir,Dato’ Pangeran Suryo Kemas Ari Panji , Dato’ Pangeran Suryo Febri Irwansyah (Vebri Al Lintani) , Pangeran Yudo Heri Mastari.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn menjelaskan ada 15 orang dari berbagai tokoh yang ada di Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersilaturahmi ke di istana adat Kesultanan Palembang Darussalam Palembang di Jalan Sultan M Mansyur, Kecamatan IB II Palembang dalam rangka napak tilas budaya di Palembang.


“ Mereka ingin menelusuri jejak-jejak budaya dan sejarah khususnya melayu di Palembang yang merupakan bagian dari Bangka Belitung, mereka akan berkunjung ke situs-situs mulai dari era Kedatuan Sriwijaya , Kesultanan Palembang Darussalam sehingga mereka mengetahui jati diri bahwa kita semua adalah bagian daripada Kesultanan Palembang Darussalam pada masanya,” katanya.
Selain itu menurut SMB IV sebelumnya pihaknya selalu bersinergi dengan pengurus Mabmi Provinsi Babel dan kedepan akan lebih ditingkatkan ikatan kerjasama dalam hubungan edukasi dan kesejarahan mengenai sejarah asal muasal Pulau Bangka dan Palembang yang merupakan satu kesatuan pada awalnya.

Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Drs Marwan Aljakfari mengatakan, kedatangan mereka kesini dalam rangka program napak tilas budaya.

“ Kita kesini ingin ziarah kepada orang-orang yang pernah memimpin Bangka Belitung , membangun Bangka Belitung atau menjadi Bupati di Pulau Bangka dan orang itu adalah orang yang berasal dari Palembang, beliau adalah almarhum H Djarab, kita ingin sowan,” katanya.

Selain itu pihaknya ingin memperingati tanggal 13 Juli hari diasingkannya Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II dari Palembang ke Ternate .
“ Kita juga terus akan napak tilas ke Pulau Kemaro , ingin melihat bagaimana perkembangan Tioanghoa dan asimilasinya disana lalu pagi tadi kami sudah ke Bukit Seguntang yang merupakan sejarah ulunya melayu dari Palembang ternyata Parameswara membawa ini ke negeri rentang tanah melayu dan sebelum kegiatan-kegiatan itu dilaksanakan maka kami sowan dulu dengan Sultan Palembang Darussalam, Su,”ltan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn kesini dan alhamdulilah kami telah diterima dengan baik sebentar lagi juga kami akan shalat di Masjid Agung Palembang yang juga peninggalan Sultan Palembang juga ,” katanya.
Dan pihaknya juga akan menikmati kuliner di Palembang yang merupakan warisan orang-orang terdahulu.

“ Kita ingin berkerjasama dibidang budaya , bagaimaan melayu ini agar tetap dijaga , tetap lestari dan juga kita tetap membangun kekerabatan yang baik antara Bangka Belitung dan Palembang melalui adat budaya ini,” katanya.

*M.Ali*