Wali Kota Cilegon Serahkan Kartu BPJS Secara Simbolis Di Kecamatan Grogol, Cilegon, Banten

HomeUncategorized

Wali Kota Cilegon Serahkan Kartu BPJS Secara Simbolis Di Kecamatan Grogol, Cilegon, Banten

Jakarta, faktaonenews.com

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyerahkan kartu Badan Penyelenggara jaminan sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara simbolis di kecamatan Grogol, Cilegon, Banten Kamis (11/07/24) kepada 322 Nelayan dari 8 pangkalan di 4 Kecamatan pada wilayah yang dinaunginya.

Helldy mengungkapkan, pemberian kartu BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon sebagai bentuk perlindungan sosial ekonomi untuk para nelayan melalui mekanisme asuransi sosial preminya dibayar pemerintah daerah.

“Tujuan pemberian BPJS Ketenagakerjaan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota cilegon, khususnya nelayan untuk mendapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)” ujar Helldy.

Perlu diketahui, program jaminan sosial ketenagakerjaan memberi manfaat bagi pekerja, terutama saat mengalami kecelakaan kerja atau kematian.

Selain pekerja yang mengalami kecelakaan kerja juga bisa mendapatkan pengobatan gratis sesuai indikasi medis dari rumah sakit sampai sembuh. Jika meinggal dunia akibat kecelakaan kerja, pekerja mendapatkan santunan sebesar sebesar Rp.70.000.000.

Untuk pekerja yang meninggal dunia karena sebab lain selain kecelakaan kerja akan menerima santunan sebesar Rp.42.000.000 dan dua anak dari pekerja yang meninggal dunia juga akan diberikan beasiswa mulai dari TK sampai perguruan tinggi sebesar Rp.174.000.000.

penulis : Karissa, Widi